Senin, 11 Mei 2009

Sang Raja dan Pengemis

Alkisah pada zaman kekaisaran cina kuno, hiduplah seorang peramal terkenal yang mampu meramal kehidupan seseorang pada masa mendatang. Peramal ini begitu hebatnya, hingga hampir setiap ramalan yang dibuatnya menjadi kenyataan.
Suatu ketika datanglah dua orang ibu muda secara bersamaan dan masing-masing membawa bayi mereka untuk diramalkan nasibnya di kemudian hari. Bayi dari ibu pertama diramal akan menjadi kaisar. Sedangkan bayi dari ibu yang kedua diramal akan menjadi pengemis ketika dewasa nanti. Pulanglah kedua ibu muda tersebut ke rumah masing-masing.
Ibu pertama sangat senang dan bangga karena kelak anaknya akan menjadi seorang kaisar. Oleh karena itu, setiap kali bertemu orang lain, ia menceritakan nasib anaknya kelak. Waktupun berlalu, dari kecil sampai dewasa ibu ini sangat memanjakan anaknya, apapun yang diinginkan anaknya selalu diberikan. Bahkan, ia merasa tidak perlu menyekolahkan anaknya, karena toh nantinya akan menjadi orang yang paling penting di kerajaan. 
Lain halnya dengan ibu yang kedua. Ibu ini sangat bersedih karena anaknya kelak akan menjadi seorang pengemis. Ia mengurung dirinya dan mendidik anaknya dengan keras dan disiplin ketat. Ibu ini bertekad agar anaknya kelak tidak menjadi pengemis seperti kata sang peramal. Setiap hari, anaknya diberikan pelajaran yang baik dan disiplin yang tinggi. 
Singkat cerita, ketika kedua anak ini tumbuh dewasa, kenyataan menjadi terbalik. Oleh karena sering dimanja dan tidak pernah susah dalam hidupnya, anak yang diramal menjadi kaisar akhirnya menjadi pengemis. Sedangkan anak yang ditempa dengan keras dan dididik dengan disiplin tinggi akhirnya menjadi kaisar.
Saudaraku,
Sukses tidaknya kita bukan orang lain yang menentukan.Siapapun dia, teman kitakah, bahkan orang tua sekalipun. Masa depan kita ada di tangan kita sendiri. Kitalah yang memegang kuncinya. Ibarat motor, yang tahu bagaimana cara menjalankan motor kamu, ya kamu sendiri..iya khan.. orang ga akan tw kalau kita nggak ngasih tw caranya ke mereka. bener khan ??
GO...Success Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar